31 Januari 2010

Cara Membuat E-Mail di G-Mail

Pada artikel sebelumnya, sudah diposting bagaimana cara membuat account e-mail di Yahoo. Nah, kali ini sedikit bagi-bagi ilmu tentang cara membuat account e-mail di Gmail. Langkah-langkahnya sebagaimana berikut:
  • Seperti biasa, langkah pertama buka browser kamu (asal bukan buka celana kamu aja yach...), bisa itu Internet Explorer (IE), Mozilla Firefox (MF), Opera dan lainnya.
  • Abis itu di adress bar ketikkan situs web www.gmail.com, lalu tekan enter.
  • Lalu, kita akan masuk pada front page gmail. Dalam fornt page ini, cari dan klik button "Buat akun".
  • Klo sudah di klik button Buat akun, maka kamu akan dihadapkan pada formulir pendaftaran. (kayak mau sekolah aja ya...). Isi formulir pendaftaran tersebut dengan sempurna. Boleh diisi dengan jujur ato bohong-bohongan. Nah biar kita nanti g' mau nemuin sesuatu hal yang g' diinginin isi formulir tersebut dengan jujur .
  • Dalam formulir pendaftaran tersebut, ada kolom "nama login yang diinginkan". Isi kolom tersebut dengan nama atau kata yang mudah diingat, karena ini akan menjadi ID Account Gmail kamu.
  • Kemudian isi password atau kata sandi. Dalam pengisian kata sandi ini, isilah dengan kata atau kalimat yang mudah kamu ingat, makin rumit makin baik. Untuk membuat kata sandi yang rumit isi kata sandi tersebut dengan kombinasi huruf dan angka.
  • Dalam formulir pendaftaran ini juga terdapat kolom "pertanyaan rahasia". Kali ini kamu pilih pertanyaan-pertanyaan

    yang udah disiapkan dan kasih jawaban. Ini dimaksudkan untuk membantu kamu jika suatu saat pas kamu lagi login atau masuk pada account gmail kamu, kamu lupa password atau kata sandinya, nah pertanyaan dan jawaban kamu itu sebagai garansinya.
  • Abis itu, masih dalam formulir pendaftaran ada kolom "email pemuliahan". Ini dimaksudkan pas kamu suatu saat mengalami masalah dalam email kamu, admin Gmail akan mengkonfirmasi solusinya ke email yang kamu masukkan dalam kolom tersebut. Kalo kamu optimis nanti tidak akan ada masalah , dikosongin aja juga g' papa. Kemudian kamu akan nemuin kolom "verifikasi kata". Pada kolom ini masukkan kata yang tertera dengan benar, karena kalau salah maka kamu harus ngulangin lagi. Kalo formulirnya udah diisi dengan lengkap klik button "Saya menerima. buat akunku".
  • Selesai, belum (ruwet ya alurnya..... sabar...sabar. Kalo sabar disayang Tuhan lho ). Masih ada 2 tahap yang harus dilalui. Pertama, tahap verfikasi akun. Dalam tahap ini kamu harus masukin nomer HP kamu untuk menerima SMS dari admin Gmail yang berisi kode verifikasi akun email kamu. Setelah diisi klik "Kirim kode verifikasi ke ponsel saya".
  • Setelah dapet SMS yang berisikan kode verifikasi dari admin Gmail (kalo belum dapet samperin adminnya terus marahin ). Pada tahap verifikasi akun kedua ini, isikan ke kolom yang terdapat di bawah tulisan masukkan kode, abis itu klik "verifikasi".
  • Horeeeee, kamu sudah punya akun email Gmail sekarang, selamat ya..., dan untuk mengetahui akun Gmail kamu, klik "Tunjukkan akun saya".
  • Selesai.

    2 komentar

    Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...