02 Januari 2010

Kumandang Adzan Dalam Lagu

Musik adalah merupakan jeritan hati. Tidak hanya itu seperti yang diungkapkan oleh Sandie Gunara dalam artikel yang berjudul Apa itu musik? menyebutkan bahwa : "musik pada dasarnya sebuah bentuk aktivitas manusia yang mempunyai maksud tertentu". Dari sini tidak jarang komposer-komposer atau para musisi menempatkan daya imajinasi dalam musik yang mereka ciptakan, salah satunya adalah unsur Ideologi atau lebih khususnya unsur keagamaan yang mereka anut. Ini terbukti dengan adanya beberapa lagu yang didalamnya ada nilai-nilai keagamaan seperti penempatan kumandang suara adzan dalam musik mereka.

Dari sini juga timbul pertanyaan besar, apa yang melatar belakangi mereka dengan menaruh suara kumandang adzan dalam lagu mereka. Terlepas dari itu semua, dari sini saya berharap, semoga latar belakang mereka dalam menaruh suara kumandang adzan dalam lagu-lagu mereka dengan niatan yang positif tentunya.

Sepanjang yang saya ketahui, berikut nama band dan contoh lagu yang di dalamnya terdapat suara kumandang adzan:
  • Orphaned Land. Band asal negeri Israel ini mengeluarkan dua track lagu yang  di dalamnya terdapat  penggalan suara adzan. Track pertama terdapat dalam album Mabool:2004 dengan judul: Ocean Land (The Revelation). Kemudian track kedua yang berjudul Shir Hashirim, yang track tersebut terdapat dalam album El Norra Alila:1996. Untuk download lagu Ocean Land (The Revelation) klik di sini, dan untuk lagu Shir Hashirim klik di sini.

     


  • Epica. Dalam album The Divine Conspiracy tahun 2007 group band yang ber-genre-kan Symphonic, Progressive dan Gothic Metal yang berasal Belanda ini, terdapat duah buah track yang  didalamnya terdapat suara kumandang adzan, yaitu track yang berjudul Fools of Damnation. dan  Living a Lie. Dalam track Fools of Damnation penggalan suara adzan terdapat pada intro track, sedangkan pada track Living a Lie ada di endingnya. Untuk download lagu Epica - Fools of Damnation klik di sini, dan untuk track Epica - Living a Lie klik di sini.


  • Luca Turilli Dreamquest.Group musik dari Italia yang beralirkan Power Metal ini menyuguhkan satu track yang berjudulkan Lost Horizon, yang track tersebut termuat dalam album Lost Horizons tahun 2006. Untuk download lagu Luca Turilli Dreamquest - Lost Horizon, klik di sini.


  • Nile. Group musik yang bermarkas di Greenville, South Carolina Amerika yang mengusung aliran musik American Death Metal ini menyuguhkan satu komposisi track yang di ending lagunya juga terdapat sepenggal kumandang adzan, yaitu track yang berjudul Kafir. Untuk download track Nile - Kafir, klik di sini.






Postingan Related with Qucher Blog, Sowthread from kaskus.

1 komentar:

Trio macan yang makhluk tuhan paling sexy juga ada cuplikan kayak adzannya lho...
hehe..

Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...