29 Desember 2011

Cara Setting Kertas di Printer


Untuk memaksimalkan hasil ketikan sesuai dengan yang diinginkan, biasanya kita mengaturnya dengan memilih jenis kertas apa yang cocok untuk ketikan tersebut. Selain mengaturnya pada margin dan jenis kertas dalam program pengolah kata yang dipakai, kita juga mengaturnya dalam printer.

Berikut ini cara setting kertas di printer (dalam contoh ini, saya memilih kertas jenis HVS/Folio dan menggunakan printer jenis Epson L100 Series dalam sistem operasi windows XP):
1). Masuklah ke Printers and Faxes, dengan cara klik start menu lalu pilih Printers and Faxes. Bagi yang menggunakan tampilan classic start menu, dengan cara klik start -> Settings lalu pilih Printers and Faxes
Gambar Start Menu
2). Kalau sudah masuk pada Printers and Faxes, klik kanan pada ikon printer yang aktif kemudian pilih Printing Preferences (dalam hal ini tampilan view-nya adalah thumbnails. Untuk merubah ke view thumbnails, klik menu bar view kemudian pilih thumbnails).
Gambar Printers and Faxes

3). Pada pilihan Printing Preferences pada tab Main, klik Size kemudian pilih User Defined.

4). Pada User Defined, isi kotak Paper Width dengan angka 846 dan pada kotak Paper Height isi dengan angka 1299. (kalau dalam cm, Width: 2150 dan Height: 3300). Setelah itu pada kotak Paper Size Name isi dengan identitas kertas HVS, kemudian klik Save dan OK.
Gambar User Defined Paper Size
 Ket.: Untuk settingan kertas HVS/Folio pada jenis printer yang lain, langkah-langkahnya hampir sama dengan cara di atas, hanya berbeda dalam segi tampilannya saja.

23 komentar

Terima Kasih atas kunjungannya....

nice article kang :), berkunjung, mampir sekalian baca-baca, :)

Makasih infonya, semoga dapat membantu..

postingan yang bagus tentang Cara Setting Kertas di Printer

MAKASIH KANG ATAS TIPS DAN INFORMASINYA ANA JADI TERBANTU
MAKASIH

trims sharingnya gan, sangat membantu :)

Info yg sangat menarik, makasih sob..

gan punya saya l210 ga ada prnting prefrens nya keluar main edvance dll cuma kelua layout aja gimana solusinya mohonn dibantu gan ke dhopict@gmail.com

bagaimana jika pada printer epson L120 dimana utk default Height hanya sampai 1117,00...gak bisa memasukkan sampai 3300 dan utk Widht default 250,00...tolong dong

Gan printer ane epson l110 cuma ada 2 pilihan kertas A4 dan letter gimana tuh biar bisa F4 atau A5

gimana kalo di settingan printernya tidak ada kata use defined? yang ada hanya ukuran kertas a4 dan letter aja...

Gan.. ko di pengaturan Printing Preferences saya cuma ada pengaturan layout (Epson l220) ??

terima kasih atas infonya semoga ilmu semakin berkah, Aamiiin

informasi yang sangat bermanfaat. perlu di coba ini

Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...