05 Desember 2011

Menggunakan Keyboard Komputer

Gambar Keyboard (diambil dari romonline)
Keyboard merupakan salah satu perangkat komputer yang tergolong input. Keyboard juga mash memegang peranan penting dalam menambahkan teks ke komputer, meski saat ini telah mengalami perkembangan signifikan, seperti dikembangkannya program handwriting dan perekam suara di mana input teks dilakukan dengan merekam tulisan tangan atau merekam suara, lalu menerjemahkannya menjadi teks. Tapi, kedua teknologi tersebut belum banyak digunakan.
Handwriting (gambar diambil dari windows7update.com)
Keyboard mempunyai tombol-tombol yang digunakan sebagai representasi dari abjad dan angka-angka. Di samping itu, keyboard juga mempunyai tombol-tombol yang mempunyai fungsi-fungsi khusus. Adapun contoh sebagian tombol-tombol yang mempunyai fungsi khusus sebagaimana berikut:
  • Enter: digunakan untuk menjalankan suat perintah, membuka program dan memulai sebuah paragraf baru dalam pengetikan. 
  • Spacebar: merupakan tombol paling panjang di keyboard, berfungsi untuk membuat jarak antar kata pada waktu pengetikan. 
  • Tombol-tombol fungsi F1-F12: berfungsi untuk menjalankan perintah-perintah khusus. 
  • Caps Lock: bila diaktifkan, caps lock akan mengaktifkan huruf besar/kapital/balok. 
  • Shift: untuk mengaktifkan huruf besar atau fungsi kedua tombol untuk satu karakter. 
  • Ctrl (singkatan dari control): sebagai tombol kombinasi (perpaduan) untuk menjalankan perintah tertentu. 
  • Back Space: menghapus satu karakter terakhir yang diketik. 
  • Alt (singkatan dari alternative): sebagai tombol untuk mengaktifkan menu bar dan tombol kombinasi.
Untuk menambah teks dan angka ke komputer, kita menggunakan keyboard dengan cara menekan tombol-tombol di dalamnya. Setiap huruf dan angka mempunyai satu tombol di keyboard. Secara otomatis, bila kita menekan tombol teks di keyboard akan menghasilkan huruf kecil, dan untuk menghasilkan huruf besar, kita harus menekan tombol shift dan huruf yang dikehendaki untuk menjadi huruf besar secara bersamaan. Apabila kita ingin mendapatkan teks dengan huruf kapital semua, kita dapat lakukan dengan menekan tombol caps lock.
Selain tombol huruf dan angka, keyboard juga dilengkapi tombol-tombol perintah. Masing-masing tombol atau kombinasi dari tombol tersebut bila ditekan akan menjalankan sebuah perintah tertentu.

Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...