13 November 2010

Topeng dan Musik

AWALAN
Penampilan sebuah band tak hanya tampak menarik dengan kostum yang bermacam-macam saja. Dari sebuah topeng terkadang membuat band ini tampak lebih menarik saat tampil di panggung. Mulai dari yang seram, menjijikkan, artistik dan terkadang lucu sering dipakai oleh beberapa musisi di dunia.

Topeng memang identitas penguat untuk suatu band. Dengan topeng seakan membuat imej musik band tersebut terangkat. Topeng juga bisa menjadi penyembunyi identitas seperti yang dilakukan oleh Slipknot di awal mereka berkarir. Dengan topeng yang tampak menyeramkan membuat orang penasaran untuk mengetahui seperti apa musik Slipknot.


Grup Band Slipknot

Cerita Slipknot juga sama dengan band pengusung heavy rock legendaris Kiss. Di awal karir mereka juga menyembunyikan wajah mereka dengan topeng yang mereka gunakan. Bahkan ketika tampil di luar negeri pun di dalam pesawat mereka
tetap menggunakan topeng tersebut.

Grup Band Kiss


TOPENG DAN KOSTUM ARTISTIK
Bila kita menilik band asal Jepang, dalam setiap penampilannya terlihat sangat terkonsep dan bagus sekali. Tak hanya menonjolkan kesan glamor saja melainkan juga menampilkan kesan artistik dari topeng dan kostumnya.

Seperti penampilan band metal Malice Mizer dengan dandanannya yang gothic ala bangsawan zaman dulu dengan corpsepaint pucat dan menyeramkan. Hal serupa juga diterapkan oleh Versailles, Moi Dix Mois serta X-Japan saat di awal karir mereka.

Grup Band Versailles

Grup Band Moi Dix Mois 

Ada juga topeng seram dan sedikit lucu seperti yang digunakan oleh Mix Speaker Inc yang mana mencampurkan tokoh dongeng dengan setan-setan yang biasa ada dalam dongeng.

SERAM, HOROR DAN MENJIJIKKAN
Mungkin untuk band bertopeng menyeramkan masih dipegang oleh band pengusung black metal dari daratan Skandinavia. Dengan atittude dan musik yang menyeramkan seakan lengkap di padu dengan corpsepaint yang benar-benar pucat mengerikan seperti setan. Sebut saja band-band seperti Behemoth, Marduk, Dimmu Borgir, Gorgoroth, Watain, Taake dan masih banyak lagi.

Grup Band Marduk

Grup Band Gorgoroth

Bagaimana dengan musisi dari Indonesia? Ternyata Indonesia juga mempunyai band yang menggunakan topeng dalam penampilannya yang tak kalah seru dengan band barat. Band seperti Dajjal dari Bandung, Purgatory dari Jakarta dan banyak lagi yang mungkin belum terekspos. Owh ya tak lupa band Kuburan yang juga selalu tampil menggunakan corpsepaint walaupun jauh dari unsur gelap.

Grup Band Purtagory

Sumber tulisan dari Kapanlagi

Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...