15 November 2011

Alexa, Siapa Kamu?

Logo Alexa
Setiap blogger pasti tahu apa itu Alexa, namun tidak sedikit yang belum paham terkait fungsi dari pada Alexa itu sendiri terutama bagi blogger pemula (kayak saya, he he he).

Menurut saya, Alexa yang merupakan salah satu satu bagian dari amazon.com adalah dari kesekian banyak web yang memonitor dan menganalisa traffic (lalu lintas) suatu web. Dalam web Alexa tersebut terdapat layanan, dimana user atau pemilik web bisa mengetahui berapa orang yang mengakses web yang mereka punyai, baik dalam durasi harian, bulanan atau tahunan. Semakin banyak orang yang berkunjung ke web, maka dipastikan web yang sering dikunjungi tersebut akan naik traffic-nya dan hal tersebut bisa mempengaruhi tingkatan prestasi (ranking) dari web tersebut. Dan dalam Alexa juga terdapat layanan tersebut yang familiar di sebut Alexa Rank.


Dari artikelnya mbah copaste, Alexa rank adalah sistem ranking suatu situs, baik weblog maupun website, yang berdasarkan pada beberapa kriteria tertentu. Tidak seperti PR (Page Rank) berdasarkan pada jumlah backlink yang berkualitas, Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Alexa berdasarkan pada jumlah traffic yang diterima oleh blog atau website. Data yang diterima dari meta tag yang telah tertanam di sebuah blog atau website, dari postingan setiap hari dan dari banyak sumber yang lain. Berikut beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai Alexa Rank System:
1. Kalkulasi data didasarkan pada data history traffic dalam periode tiga bulanan.
2. Data utama berasal dari statistik Alexa Toolbar.
3. Semakin rendah angka yang diperoleh, semakin tinggi rank atau peringkatnya.
4. Rank di-update setiap hari.
5. Terdapat pula angka capaian rank khusus oleh suatu blog atau website di suatu negara.
6. Rank di atas 100.000 di anggap tidak memiliki reliabilitas.

3 komentar

menyatukan comment di fb, gugel+ dan blogspot. ada ndak ya?

Belum tau Om. Kalo di pikir logika, kayakE antara FB ma G+ kan g' akrab jadi sulit. Tapi g' tau lagi kalo ada web tertentu yang memberikan layanan hal tersebut....

postingan yang bagus tentang Alexa, Siapa Kamu?

Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...