01 November 2011

Jenis Komputer dan Penggunaannya


Komputer merupakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang paling banyak berperan pada zaman sekarang. Komputer digunakan untuk mengolah, mengelola dan menyimpan informasi.

Komputer mempunyai ukuran, kecepatan dan kemampuan yang bervariasi. Berdasarkan kriteria tersebut, komputer dapat dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu (1) komputer pribadi (Personal Computer dan disingkat PC), (2) super komputer atau mainframe, (3) dedicated computer, dan (4) embedded computer.

Personal Computer (PC)
Personal Computer atau PC mempunyai ukuran yang bermacam-macam. Namun bila dibandingkan dengan ukuran mainframe, ukuran PC sangat kecil. Ukuran terbesar sebuah PC masih dapat ditempatkan dengan baik di atas sebuah meja tulis atau kantor biasa.
Gambar Personal Computer (PC)
Beberapa jenis PC mempunyai mikroprosesor lebih dari satu. Sebagai tambahan pada prosesor utama, kemudian PC mungkin mempunyai beberapa ko-prosesor yang berfungsi untuk menangani pekerjaan-pekeraan khusus. Sebagai contoh, ko-prosesor untuk matematika digunakan untuk mempercepat perhitungan numerik yang kompleks. Ko-prosesor untuk grafik digunakan untuk memproses gambar, foto, atau ilustrasi lain untuk meningkatkan kecepatan proses maupun membantu proses penampilan grafik. Namun, PC dengan tambahan ko-prosesor hanya digunakan untuk tujuan-tujuan khusus dan jarang digunakan oleh pemakai normal pada umumnya.

Komputer PC banyak digunakan sebagai alat bantu pekerja-pekerja di kantor, lembaga pendidikan maupun di rumah-rumah. Fungsi penggunaan PC pun bermacam-macam, mulai dari penggunaan untuk melayani pelanggan, membuat dokumen-dokumen, mengolah data-data bisnis, mengelola data-data riset, melakukan simulasi penelitian, sampai dengan pada penggunaan untuk hiburan.

Superkomputer (mainframe)
Mainframe atau superkomputer merupakan komputer yang paling canggih, yang dilengkapi dengan berbagai kemampuan yang sangat handal. Mainframe juga merupakan komputer dengan ukuran paling besar. Karena ukurannya yang besar, mainframe membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.

Karena keandalan yang dimilikinya, mainframe dapat memecahkan masalah-masalah yang kompleks dan menagani lebih banyak informasi dibandingkan dengan komputer jenis lain. Beberapa mainframe digunakan untuk pekerjaan tertentu saja, misalnya menyalin dan menyimpan hasil-hasil penelitian dari berbagai percobaan di laboratorium. Sebaliknya, ada juga mainframe yang digunakan untuk benyak pekerjaan sekaligus.
Gambar Superkomputer (gambar diambil dari PortalNesia)
Superkomputer merupakan komputer yang paling cepat. Karena itu, komputer ini digunakan untuk proyek-proyek besar, seperti untuk mendesain pesawat terbang, menganalisis molekul-molekul obat, menangani data-data di bank, dan sebagainya.

Karena harganya yang sangat mahal, seuperkomputer hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Superkomputer hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja. Superkomputer banyak digunakan oleh insinyur di perusahaan-perusahaan besar, ahli keuangan di bank-bank, peneliti-peneliti di laboratorium, dan sebagainya. Namun, saat ini sebuah komputer PC dapat menyamai kemampuan superkomputer pada tahun 1960-an dan 1970-an. Selain itu, pengoperasian banyak komputer PC dalam sebuah jaringan dapat mendekati kemampuan mainframe modern saat ini sehingga biaya yang diperlukan lebih sedikit.

Dedicated Computer
Gambar Mesin PS yang
merupakan Dedicated Computer
(gambar diambil dari inquisitr)

Dedicated Computer adalah sebuah komputer yang dibuat untuk tujuan tertentu saja, sebagai contoh, video game. Video game dibuat dengan berbagai ukuran, mulai dari yang terkecil, yang dapat dipegang oleh tangan dengan mudah dan menggunakan baterai, maupun ukuran besar, yang harus diletakkan di rumah dengan ukuran sebesar televisi. Umumnya video game dilengkapi dengan joystick dan beberapa tombol.

Embedded Computer
Embedded computer adalah komputer yang berfungsi sebagai unit kontrol dan ditempatkan di peralatan yang membutuhkan pengendalian otomatis. Biasanya, embedded computer mempunyai sebuah mikroprosesor tunggal. Beberapa peralatan yang mempunyai embedded computer di dalamnya adalah telepon, videotape recorder, pendingin ruangan, mobil yang dilengkapi sistem perapian yang dikendalikan, dan sebagainya. Selain itu, embedded computer juga membantu untuk mengendalikan penerbangan pesawat, mengendalikan satelit-satelit agar tetap pada orbitnya, dan mengendalikan peluru kendali agar menemukan target yang dituju. Embedded computer juga ditempatkan untuk mengendalikan gerakan dari robot-robot yang digunakan di industri.
Sketsa kendaraan yang didalamnya ada perangkat komputer
(gambar diambil dari bridgat)

Catatan: tulisan di atas disarikan dari buku TIK (untuk SMP kelas 7), penerbit Erlangga tahun 2007.

7 komentar

nice info gan, thanks jadi dapat tambahan materi belajar, mampir juga gan ke lang8088 ane

trims ulasanya gan membantu sekali untuk menyelesaikan tugas sekolah untuk anak sy..

sabung ayam online (Cockfighting) sign up for a site that will pay you to read emails during the course of the day. You will simply get links to scan over different websites and read through miscellaneous text. This will not take you a lot of time and can pay great benefits in the long run.

Terima kasih sudah memberitahu tentang kegunaan jenis jenis komputer, karena ini,anak saya jadi terbantu,thanks,okay,verry good.

Silahkan kasih komentar dan mohon cantumkan blog pribadinya juga! Terima Kasih...